LPK FOTOGRAFI PERTAMA DI INDONESIA

                                              Salam fotografi Indonesai .......

                    Judul " LPK FOTOGRAFI  BABAT ALAS WONOMARTO "
                     di tulis oleh ; DJUNAEDI MARGIJANTO
                   Pimpinan LPK FOTOGRAFI ANUGRAH MADIUN

  •  Berbekal dari kegalauan,keprihatinan yang mendalam akan keberadaan Fotografi Indonesia di bidang Pendidikan dan Pelatihan fotografi jenjang Non Formal ( PNF ) maka fotografi ini sangat jauh ketinggalan dengan sektor / sub sektor lainya, Kalaupun banyak kursus,workshop maupun pembelajaran fotografi di media soial seperti youtube dll.sifatnya hanya universal. 
  • Pendidikan dan Pelatihan yang merujuk dan terkoneksi dengan Standart Kompetensi SKKNI Fotografi Indonesia  di bilang hampir tidak  ada. Sayang sekali Fotografi punya SKKNI hanya untuk acuan pendidikan formal saja,inilah tantangan saya untuk memprakasai Pendidikan dan Pelatihan yang berbasis Kompetensi Fotografi.
  • Kita lihat Nomenklatur kejuruan dan sub kejuruan pada unit pelaksana tehnis pelatihan dan produktivitas KEMNAKER RI ,Fotografi tidak masuk di dalamnya,kita masih kalah jauh dengan  sub kejuruan anyaman,meyulam dll.yang notabene ruang lingkupnya lebih kecil dibandingkan  dengan bidang fotografi.Inilah yang menginspirasi kami untuk  mendirikan  LPK Fotografi.
  • Ibarat BABAT ALAS WONOMARTO saya ambil dari kisah pewayanagn Pandawa yang ingin mendirikan kerajaan Ngamarta,dimana wonomarto adalah alas / hutan yang amat wingit tentunya banyak halangan dan rintangan yang akan saya tempuh. terbukti mulai Januari 2019 sampai sekarang  Mei 2020 belum juga ijin OSS nya juga belum kelar. sejak awal berdiri banyak yang mencibir khususnya dari teman teman  FG ,mereka kawatir LPK ini akan banyak mencetak FG -FG baru yang tentunya semakin banyak FG pesaingnya. Mungkin itu pemikiran sempit mereka,bagi saya ada LPK atau tidak akan tumbuh berkembang FG FG baru yang menjadi pesaing di lapangan karena pemain 2 baru ini melihat pasar fotografi inilah yang cepat mendatangkan uang yang hanya bermodal kamera dengan menu auto  sudah dijamain cukup bagus.terbukti pemain baru ini banting harga yang penting nambah pengalaman tanpa memperhitungkan banyak kensekuensinya. Nah inilah sebenarnya perlunya LPK Fotografi ada ,karena metode pembelajarannya tentang Skill,Knowlage dan Attitude yang harus dimiliki oleh FG pemula ini ataupun juga untuk FG lama yang tidak pernah belajar edukasi fotografi.
  •  Awal Januari 2019 saya mulai mengaktenotariskan LPK Fotografi Anugrah serta NPWP Lembaga.Tanggal 31 Januari 2019 saya daftarkan OSS di DPMPTSP Kota Madiun dan mendapatkan NIB.dan wajib memenuhi komitmen perijinan berusaha diantaranya :
  •    - Sertifikat dan IMB Tanah bangunan atas nama pribadi      - Rekomendasi Dinas Pendidikan Kota   Madiun                                              
  •   - Rekomendasi Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun 
  •   - Amdal Lingkungan 
  • - KRK
  •  - SLF - 
  • Amdal Lalin dll.
  Sedangkan untuk mendapat Rekomendasi dari Dinas Pendidikan & Tenaga Kerja masih  banyak persyaratan yang harus di penuhi yaitu Struktur Organisasi,Tata tertib,Visi Misi,VC,Sarana Prasarana,Kurikulum dll yang membutuhkan waktu banyak untuk melengkapinya.Untunglah ada sahabat baik saya yang membantu yaitu Pak Moh.Abinawa dan senior saya Pak Dino Ketua HIMKI
semua persyaratan bisa beres.

 - Sebenarnya banyak peluang dengan adanya LPK Fotografi ini yaitu bisa mengakses bantuan bantuan baik dari Pemerintah Pusat dan Daerah baik,PKK,PKW ,Dana Pelatihan Disnaker dan Pelatihan 2 yang berasal dari Dana Kelurahan / Desa dan pelatihan 2 lain dari Dinas 2 lain bahkan jadi mitra Kartu Pra Kerja.


- Untuk melengkapi legalitasnya selain OSS yang sedang proses LPK Fotografi Anugrah Madiun menjadi satu satunya LPK Fotografi di Indonesia  terbukti dengan Nomer VIN  dari Kemnakker.

https://kelembagaan.kemnaker.go.id/

klik lembaga pelatihan kerja
klik fotografi

akan muncul Profil LPK Fotografi Anugrah Madiun







                        INSTRUKTUR
 Tenaga Instruktur di LPK Fotografi Anugrah Madiun sudah Kompeten di bidang Fotografi dan juga punya Kompetensi Metodologi Instruktur yang terdaftar resmi dan legal   di Sintala.kemnaker
  ( Sistem Informasi Instruktur dan Tenaga Pelatihan ) Kemnaker.









 
  - LPK Fotografi Anugrah Madiun juga merupakan satu satunya TUK Fotografi di Jatim dan TUK Metodologi di Madiun.
 -  Dokumen Foto
                            Pelatihan Fotografi di LPK Fotografi Anugrah  Madiun









                                           METODE PEMBELAJARAN 
  - Menggunakan metode pembelajaran Online & Offline
        Online menggunakan E-Learning
        Offline : Pembelajaran face to face
                       Praktek langsung
                       Pemagangan

 Selamat bergabung dengan kami...
   LPK Fotografi Anugrah Madiun 
    Maju bersama...Sukses Bersama...

                                                       Indonesia Jaya...

0 Comments